Perlu Menetapkan Tujuan Pembuatan SITUS WEB

Menetapkan Tujuan Pembuatan SITUS WEB 

Saat membuat website, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum memulai. 

Pertanyaan pertama yang mungkin Anda tanyakan pada diri sendiri adalah "Apa tujuan situs web saya?" Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Anda  dapat mengarahkan pikiran Anda untuk menentukan dan menjawab pertanyaan selanjutnya yaitu, “Website seperti apa yang  saya buat untuk mencapai tujuan tersebut dan bagaimana cara membuat website”. 

Mengapa mulai bertanya? Karena diharapkan halaman web yang dibuat nantinya  sesuai dengan yang kita inginkan dan dapat mengantarkan kita pada tujuan yang diinginkan dalam membuat halaman web tersebut. Jangan berikan website yang Anda buat, tetapi website yang Anda buat tidak sesuai dan tidak bisa menjadi alat atau sarana untuk mencapai tujuan Anda. 

Perlu Anda ketahui bahwa ada berbagai jenis situs web, ada yang hanya satu halaman sederhana  seperti situs web ini, ada yang berisi beberapa halaman seperti situs web perusahaan, ada yang menggunakan sistem blog dan sering disebut  blog atau weblog (situs blog). yang menggunakan CMS (content management system) seperti Joomla, ada yang berbentuk forum, ada yang berupa  iklan baris, ada yang berupa situs e-commerce, dan ada pula yang lebih kompleks  seperti situs komunitas pertemanan. 


Sebelum Anda dapat membangun sebuah situs web, Anda harus menjawab pertanyaan-pertanyaan ini. Sehingga nantinya Anda bisa memutuskan situs mana yang paling tepat dan cocok  untuk keperluan Anda. Karena setiap website yang disebutkan di atas memiliki fungsi yang berbeda-beda. 

Misalnya, jika Anda ingin menjual produk yang berbeda, buat situs web toko online. jika Anda ingin menjual satu jenis produk saja, Anda dapat menggunakan satu halaman sederhana  atau melengkapinya dengan  sistem pemesanan; Jika Anda ingin membuat portal, Anda dapat menggunakan Joomla; jika Anda ingin membuat merek dan menerbitkan artikel, Anda dapat menggunakan blog; dan lain-lain. 

Jadi  saya dapat meringkas tiga pertanyaan ini yaitu: 

  • Membuat Website Apa tujuan saya membuat website? 
  • Membuat situs web Jenis situs web apa yang  saya buat untuk mencapai tujuan ini? 
  • cara membuat halaman Beranda Bagaimana cara membuat halaman Beranda? 

Tulislah jawabannya di atas kertas dan jelaskan sedetail mungkin, jika perlu Anda bisa membuat sketsa website yang diinginkan atau jika tidak tahu bisa google (search) di internet untuk melihat website yang  ada. 

Anda mencari beberapa topik di Google berdasarkan situs apa yang akan Anda lakukan sehingga Anda dapat melihat situs lain dengan perangkat lunak situs apa? Anda dapat menirunya, meniru BUKAN berarti Anda menyalin konten, Anda meniru jenis situs web (perangkat lunak situs web yang digunakan untuk membuat situs web). Karena membuat website sekarang sangat mudah dengan software website,  Anda tidak perlu membuat website dari awal (awal). 

Anda bisa google.com 

Setelah  memilih jenis situs web, Anda dapat meneliti dan melihat apakah perangkat lunak situs web tersedia untuk membuat situs web semacam itu. Saat ini, banyak program situs web sudah siap dan  Anda hanya perlu menggunakannya. 

Anda tidak perlu melakukannya dari awal atau memahami pemrograman. Yang harus Anda lakukan adalah menginstalnya dan memasukkan detail situs web Anda. 

Tentu saja, Anda harus mematuhi lisensi untuk menggunakan perangkat lunak situs web, karena beberapa menjualnya dan beberapa menawarkan kode sumber terbuka yang dapat digunakan secara gratis dalam kondisi tertentu. Persyaratan umum penggunaan adalah Anda harus menyertakan tautan ke produsen perangkat lunak. 

Dan pada langkah pertama ini, Anda perlu menentukan tujuan situs web Anda  dan jenis situs web apa yang Anda inginkan. 

Persiapan Belajar  membuat website / Membuat website 

Ada tiga bagian utama dalam membuat website yang perlu anda pahami, yaitu: 

  • membuat nama domain 
  • membuat hosting website  
  • mempelajari software website WordPress 

Domain 

Domain adalah nama atau alamat situs web. Di Internet, setiap orang harus memasukkan nama domain untuk  membuka dan membaca konten halaman web. Dalam hal ini, memilih nama domain cukup penting untuk membedakan website Anda dengan website orang lain. 

Nama domain ini terdiri dari nama domain dan ekstensi. Contoh blogbisnisinternet.com, blogbisnisinternet adalah nama domain dan .com adalah ekstensinya. Ekstensi biasanya mewakili  kategori tertentu, seperti .com untuk tujuan komersial, .net untuk penggunaan online, .org untuk situs web non-komersial, dan lain-lain. Ekstensi bermacam-macam, bisa berupa top-level domain (misal .com, .net, .org) atau ada juga yang berbentuk cTLD (country top-level domain) seperti .co.id, .co .cc dimana ID mewakili nama domain negara Indonesia. 

Anda dapat memilih nama domain  menggunakan situs web yang menawarkan layanan pendaftaran domain atau perangkat lunak perangkat domain yang membantu Anda memilih nama domain untuk situs web Anda. 

Jika Anda menggunakan situs web yang menawarkan layanan pendaftaran nama domain, seperti domainhostingmurah.net, Anda hanya perlu memasukkan nama domain yang diinginkan untuk memeriksa apakah masih tersedia. 

Anda buka https://www.rumahweb.com/ dan masukkan nama domain dan ekstensi yang diinginkan. Jika masih tersedia, Anda bisa mendaftarkan domain tersebut.

Cobalah untuk memilih nama domain dengan ekstensi .com karena lebih umum dan terkenal. Pendaftaran domain ini terjadi setiap tahun, setahun sekali Anda harus membayar biaya pendaftaran domain jika ingin tetap memiliki dan menggunakan domain tersebut. 

Dan jika Anda tidak memperbarui pendaftaran Anda untuk tahun berikutnya, ketika domain Anda kedaluwarsa, domain itu akan dibuka kembali untuk umum agar dapat didaftarkan dan digunakan oleh orang lain. 

Jika Anda tidak tahu tentang nama domain, Anda dapat menyarankan alat domain yang dapat Anda gunakan. Buka http://domaintools.com dan pilih tab "Rekomendasi". Dan tulis kata-kata yang Anda gunakan dalam nama domain Anda. Anda dapat memasukkan lebih dari satu kata dengan memisahkannya dengan (,). 

Dan Anda dapat mengakses fitur terkait domain lainnya dari situs web domaintools.com ini. 

Tips memilih nama domain antara lain: 

  • Pilih nama domain yang simpel dan mudah diingat nantinya. 
  • Jika Anda menggunakan nama domain yang panjang, usahakan untuk menggunakan nama domain dengan kata umum untuk menghindari kesalahan saat memasukkan nama domain. 
  • Anda dapat menggunakan tanda (-) jika Anda mau. 
  • Cobalah untuk memilih nama domain .com. 

Untuk memudahkan proses SEO (Search Engine Optimization), Anda dapat menambahkan kata kunci pada nama domain Anda agar website Anda tampil lebih tinggi di mesin pencari. 

Pada titik ini Anda memiliki nama domain untuk situs web Anda. 

Hosting 

Hosting adalah tempat Anda meletakkan file situs web Anda di server yang terhubung ke Internet. Oleh karena itu, untuk menampilkan situs web Anda, file situs web harus disimpan di server hosting. Anda harus membeli paket hosting. 

Harga paket akomodasi tergantung pada layanan yang ditawarkan. Paket akomodasi dapat dibeli dari luar negeri atau dari Indonesia. 

Dalam memilih paket hosting harus memperhatikan beberapa hal, yaitu: 

  1. Sistem servernya adalah Linux atau Windows. Ini menentukan program yang digunakan dan bahasa pemrograman situs web. Kebanyakan orang menggunakan Linux. Anda cukup memilih Linux. 
  2. Jumlah ruang disk yang ditawarkan. Ruang disk adalah ruang yang diberikan kepada Anda di server hosting untuk menyimpan file situs web Anda. Seperti penyimpanan file komputer Anda. Tentu saja, pilihan terbaik adalah paket hosting yang menawarkan jumlah ruang disk yang tepat untuk kebutuhan Anda.
  3. Bandwidth yang diusulkan. Bandwidth adalah kapasitas penggunaan bulanan yang diberikan untuk mengakses website Anda. Siapa pun yang membuka situs web atau mengunduh file dari situs web Anda untuk melihatnya di browser Firefox atau Internet Explorer sedang mengunduh file Anda, yang menghabiskan bandwidth. Dan kapasitas penggunaan bandwidth ini direset setiap awal bulan. 
  4. Nama domain diperbolehkan. Jumlah domain dapat digunakan dalam paket hosting. Anda dapat menggunakan satu paket hosting untuk semua domain jika paket hosting memberikan akses ke sana, dan Anda juga perlu mempertimbangkan ruang disk dan bandwidth gratis jika cukup untuk menjalankan domain Anda.
  5. Jumlah kumpulan data yang diizinkan. Contoh untuk Linux, beberapa database MySQL diperbolehkan. 

Anda tidak perlu membeli nama domain dan layanan hosting dari satu perusahaan. Anda bisa membelinya dari berbagai tempat. Anda hanya perlu membuat koneksi antara domain ini dan hosting dengan menentukan DNS (Domain Name Server) di akun domain Anda. Hal ini dilakukan untuk terhubung ke domain melalui hosting. 

Anda dapat membeli nama domain dan hosting dari situs web berikut: 

  1. Jika Anda membeli di Indonesia, Anda dapat membeli domain melalui domainhostingmurah.net, sebuah situs web waralaba untuk hosting idwehost. Membeli melalui situs web waralaba lebih murah daripada membeli langsung dari idwebho, sekitar 8-10 euro dari harga. Opsi dan dukungan yang sama ditawarkan oleh idwebhost.
  2. Membeli dari luar negeri. 

Unlimited Hosting 

Setiap pembelian domain dan hosting asing memerlukan pembayaran dengan kartu kredit atau PayPal, tetapi Anda mendapatkan paket domain tak terbatas, bandwidth tak terbatas, hosting tak terbatas, database tak terbatas untuk semua situs web Anda, jadi Anda tidak perlu membeli hosting di tempat lain. 

Anda dapat membandingkan harga dan menyesuaikan dengan kebutuhan Anda, jika Anda hanya membutuhkan satu situs web, Anda dapat membeli nama domain dan host dari domainhostingmurah.net, tetapi jika Anda berencana untuk membuat beberapa situs web, Anda tidak akan membeli hosting setiap saat, lebih murah untuk membeli dari Hostupon 

Software Website 

Jika anda tidak mengetahui website yang anda gunakan, anda bisa google online untuk melihat website lain yang sudah ada dan contoh website yang menurut anda cocok untuk website yang anda inginkan. 

Anda dapat memeriksa situs web yang ada untuk melihat perangkat lunak apa yang digunakan situs web tersebut? Jika website tersebut menggunakan software open source seperti blog WordPress, joomla, phpbb dan lain-lain, tentunya Anda bisa membuat website yang sama. Namun, ingatlah bahwa yang Anda mainkan adalah jenis situsnya. Ini tidak diperbolehkan dengan menyalin tata letak dan konten situs web. 

Ada dua cara untuk mengetahui perangkat lunak apa yang digunakan situs web: 

  1. Anda memeriksa tautan di situs web itu, biasanya di bagian footer (di bagian bawah situs web). Situs web yang menggunakan perangkat lunak open source (gratis) biasanya menampilkan tautan ke situs web pengembang perangkat lunak di bagian footer. Anda dapat mendownload dan menginstal perangkat lunak sesuai dengan panduan instalasi yang tersedia. 
  2. Pilihan lain adalah melihat kode sumber halaman dengan browser. Anda biasanya dapat menemukan petunjuk dalam kode sumber situs. Membuat Situs Web 

Setelah Anda membeli nama domain dan hosting, serta memilih program situs web, Anda akan membuat situs web. Dan dalam contoh membuat situs web di situs web, di mana Anda akan belajar cara membuat situs web. com, Anda akan belajar cara membuat situs web dengan blog WordPress.

Pelajari cara membuat situs web dengan blog WordPress di 

 Langkah-langkah mempelajari cara membuat situs web dengan blog WordPress di 

  • Anda login ke hosting cpanel Anda di http://domainanda.com/cpanel. Kemudian masukkan username dan password yang diberikan oleh tuan rumah. Hosting cPanel Anda biasanya memiliki video yang memandu Anda tentang cara menggunakan cPanel dengan benar. Belajar lebih baik dengan video. 
  • Pada situs CPanel Hosting Anda, klik icon "Fantastico" untuk website Anda
  • Kemudian Anda akan melihat daftar software open source yang dapat digunakan. 
  • Fantastico adalah program yang memfasilitasi instalasi perangkat lunak. Masukkan detailnya dan ikuti petunjuk yang diberikan seperti pada tutorial ini tentang cara membuat situs web menggunakan blog wordpress. Anda memilih WordPress.
  • Selanjutnya, klik "Instalasi Baru".
  • Setelah itu, isi informasi yang diperlukan untuk menginstal blog WordPress. Jika Anda ingin menginstal blog Wordpress di direktori root domainAnda.com, biarkan bidang "Instal ke direktori" kosong. Namun, jika Anda ingin menginstal pada subdomain Anda sendiri, masukkan direktori subdomain yang ingin Anda gunakan. 
  • Klik "Finish Installation" untuk menyelesaikan instalasi blog WordPress Anda. 
  • Create. Selanjutnya anda dapat login ke halaman admin area situs blog Wordpress anda dan merubah isi dan tampilan blog anda. 

Copyright © Kegiatan Wirausaha. All rights reserved.