Panduan SEO

Belajar SEO
Panduan lengkap belajar SEO (Search Engine Optimization – Optimalisasi Mesin Pencari) mulai dari A sampai Z. Menyeluruh, terurut, dan lengkap.
Target pembaca: pemula sampai menengah, tapi tentu tidak tertutup juga bagi para pelaku SEO yang merasa dirinya master dan tentu siapapun yang ingin mendalami dan memahami seluk beluk dunia SEO.


Kebanyakan orang – okey, hampir semua orang yang baru nyemplung ke dunia SEO - secara sederhana menyamakan SEO dengan mendapat peringkat #1 untuk sebuah website di Google.
Tapi sesungguhnya SEO jauh lebih luas daripada itu. Ada tiga langkah utama dalam proses SEO:
  1. Seperti bisnis lainnya, anda harus menentukan dan mengidentifikasi target audien anda (target market). Di sini anda bukan hanya menentukan tujuan membuat website dan menggambarkan profil audien, tapi juga memantau persaingan/kompetisi dan mengevaluasi apa yang dibutuhkan agar dapat ‘mendominasi’ sektor atau niche tertentu yang anda masuki.
  2. Anda melakukan langkah-langkah yang perlu untuk membuat website anda mendapat ranking setinggi mungkin di mesin pencari untuk kata-kata kunci (keywords) yang sering digunakan target audien website tersebut. Langkah ini termasuk hal-hal yang anda lakukan terhadap situs itu sendiri (kalau anda membuat website baru sebaiknya pastikan bahwa situs tersebut search engine friendly sejak awal). Kemudian langkah ini juga termasuk melakukan berbagai aktivitas off-site yang bertujuan membuat website lain menaut ke situs anda.
  3. Anda memantau perkembangan website anda di mesin pencari secara konstan atau terus menerus dan melakukan berbagai penyesuaian atas strategi SEO pada saat dibutuhkan.
Perlu dicatat bahwa SEO bukanlah aktivitas online yang ditujukan untuk menghasilkan traffic/pengunjung (atau mempromosikan) website anda. Aneh dengan pernyataan ini? Coba pahami lagi.

Apa yang BUKAN SEO

  • Iklan online (online advertising), yaitu membeli promosi untuk mendapat traffic dari situs lain BUKAN SEO. Ini adalah promosi situs (site promotion) meskipun link promosi yang dibeli bisa saja membantu ranking di mesin pencari. 
  • Public relation (press release, iklan pada media masa, review dari blog) BUKAN SEO. Sekali lagi ini adalah promosi situs, yang mungkin bisa menghasilkan tautan ke situs anda. 
  • Membuat website yang mengeksploitasi kelemahan pada algoritma mesin pencari dengan tujuan mendapat peringkat #1 untuk kata kunci terpilih dalam waktu yang singkat BUKAN SEO. Ini adalah search engine spamming, yang tidak akan saya bahas lebih lanjut.
  • SEO bukanlah trik untuk mendapatkan sekian ribu pengunjung ke website anda dalam 24 jam. 
  • SEO tidak selalu gratis – beberapa teknik SEO yang efektif butuh biaya. 
  • Membuat buku dan e-book dan memberikannya secara gratis ke pengunjung situs anda BUKAN SEO.
Namun sebagian besar dari aktivitas-aktivitas yang BUKAN SEO di atas BISA menjadi bagian strategi SEO bila anda ingin melakukannya dengan cara demikian. Jangan lupa bahwa SEO itu sendiri biasanya adalah salah satu bagian dari strategi yang lebih besar untuk mempromosikan situs anda. Pisahkan dan pahami lagi aktivitas promosi lainnya dari aktivitas SEO kalau anda memang profesional.

Sesuaikan Strategi SEO

Memahami Cara Kerja Mesin Pencari

Logis saja kalau anda ingin menempati posisi #1 untuk kata kunci yang dipilih, konsekuensinya anda harus memahami bagaimana cara kerja mesin pencari. Artinya, anda tidak hanya harus tahu faktor apa saja yang digunakan search engine untuk memberi peringkat pada sebuah website, anda juga harus tahu bagaimana mesin pencari membaca halaman situs dan menyusun indeks (topik ini akan saya bahas nanti).
Dalam beberapa tahun terakhir ini mesin pencari sudah banyak mengalami perubahan, dan masih terus memperbarui algoritmanya secara berkala. Jadi pada saat mempelajari bagaimana cara kerja mesin pencari, harus dipahami hal-hal berikut:
  • Paham tujuan apa yang hendak dicapai oleh mesin pencari
  • Bagaimana anda bisa mengetahui perubahan dalam algoritma mesin pencari
  • Bagaimana memperbarui pengetahuan anda atas berbagai perkembangan di dunia mesin pencarian (salah satunya dengan memantau blog ini)
Kunci penting dari strategi SEO anda adalah mendapat pengetahuan terkini tentang perkembangan di dunia SEO, terutama tentang berbagai perubahan pada mesin pencari.

Sesuaikan Strategi SEO Anda

Hal terpenting tentang SEO adalah bahwa tidak ada satu formula standar yang berlaku untuk semua. Setiap proyek website perlu penyesuaian yang berbeda dan tepat.
Tentu saja satu formula yang mungkin sudah anda ketahui akan memberikan hasil, namun hasil tersebut tidak akan seefektif rencana yang khusus dibuat untuk kebutuhan proyek tertentu. Walaupun prinsip umumnya tetap sama dan bisa diterapkan pada semua proyek website ada perbedaan pada komponen analisis, kesimpulan, dan langkah selanjutnya sebagai hasil dari kesimpulan tersebut.
Putuskan apa yang harus anda fokuskan, lakukan analisa kompetitif, dan evaluasi seberapa sulit atau mudahnya website anda mencapai peringkat untuk kata kunci tertentu.
Setiap website punya tujuan yang berbeda, tujuan ini yang akan menentukan jenis keyword apa yang ingin anda sasar, bagaimana komposisi audien-nya, seberapa ganas persaingannya, seberapa kuat modal dan waktu yang mampu anda keluarkan.
Pada artikel berikutnya akan saya berikan contoh bagaimana anda menyesuaikan proses SEO pada dua jenis proyek yang berbeda. Silakan subscribe biar tidak ketinggalan.
Setiap website punya tujuan yang berbeda, tujuan ini yang akan menentukan jenis keyword apa yang ingin disasar, bagaimana komposisi audien-nya, seberapa ganas persaingannya, seberapa kuat modal dan waktu yang mampu anda keluarkan.
Seperti yang sudah saya janjikan disini, pada artikel ini akan saya tampilkan contoh untuk meng-kustomisasi strategi SEO pada dua jenis proyek yang berbeda:
Situs A adalah situs informasi (bukan situs produk) yang fokus pada niche tertentu. Sifat ini menentukan kata kunci/keyword yang hendak “ditembak”. Kata-kata kunci tersebut (begitu juga dengan target niche-nya) memiliki tingkat persaingan rendah, sehingga dibutuhkan sedikit saja kerja, waktu, dan biaya yang perlu dikeluarkan agar Situs A ini mendapat posisi #1 untuk target keyword-nya. Kemudian, ditentukan bahwa Situs A ini akan sangat mengandalkan traffic dari mesin pencari.
Dengan informasi ini, ada dua alternatif solusi – pertama, anda bisa menekan biaya dengan melakukan SEO ‘gratis’ dan tidak perlu mengeluarkan ongkos untuk membayar tautan dan directory submission. Atau, anda bisa menghemat waktu dengan membayar beberapa direktori dengan otoritas tinggi untuk menempatkan tautan agar hasilnya cepat terasa di mesin pencari.
Contoh lain:
Situs B adalah website korporat sebuah perusahaan yang sedang berkembang pesat dalam industri yang cukup kompetitif secara offline, tapi persaingan di dunia online-nya belum terlalu sengit. Sebagian kata kunci yang lazim digunakan dalam industri ini memiliki tingkat kompetisi rendah sampai menengah (nanti akan kita bahas juga apa sebetulnya arti ‘kompetisi’ ini dan bagaimana anda bisa menentukan situs-situs yang paling kuat persaingannya).
Kemudian diketahui bahwa mesin pencari hanya salah satu aspek dalam strategi online marketing perusahaan tersebut. Tujuan utama situs ini adalah untuk menekankan keunggulan layanan dan produk mereka, dan menyasar sejumlah kata kunci utama (punya level kompetisi yang tinggi).
Berdasarkan informasi ini, anda tahu bahwa untuk mendapat posisi #1 perusahaan harus menginvestasikan waktu dan uang. Membayar directory submission menjadi wajib, begitu pula membeli tautan. Sebagian dari kata kunci tersebut juga perlu upaya link building terpadu dan terkoordinasi serta biasanya perlu waktu cukup lama sebelum hasilnya terlihat di halaman pertama (bukan/belum posisi #1) SERP.
Dalam kasus ini, strategi SEO anda juga akan tergantung pada seberapa luwes kebebasan yang dimiliki untuk mengeluarkan uang dan melakukan perubahan pada situs – anda mungkin diminta dulu contoh hasil terdahulu sebelum proposal anggaran disetujui dan dana yang dibutuhkan cair. Selain itu, melakukan perubahan pada situs korporat biasanya tidak terlalu mudah karena hambatan-hambatan birokratis dan non-teknis lainnya.
Tentu saja, apapun jenis proyeknya, anda harus memutuskan sendiri kostumisasi strategi SEO yang harus dibuat, saya bisa menunjukkan cara dan alat bantunya, tapi andalah yang harus membuat keputusan.
Namun jangan khawatir, jika berpegang pada panduan yang dijelaskan nanti, anda tidak akan menemukan masalah berarti. Tidak sabar? Silakan cek artikel-artikel Panduan SEO selengkapnya.
  • Suka artikel ini? Sedikit bantuan promosi akan sangat berarti:
  • Bookmark on Delicious
  • Digg this post
  • Recommend on Facebook
  • Share on FriendFeed
  • Share on mrwong
  • Share with Stumblers
  • Share on technorati
  • Tumblr it
  • Tweet about it
  • Print for later
  • Tell a friend
  • Pola Pikir SEO
Berpikir Jangka Panjang Search Engine Optimization bukanlah program 'cepat kaya', juga bukan aktivitas jangka pendek yang hanya memberi hasil sementara dengan resiko di-blacklist oleh mesin pencari.Artikel yang merupakan bagian dari seri belajar S...
  • SEO: Pentingnya Sistem dan Prioritas
Memiliki sebuah 'sistem' untuk mencapai tujuan adalah langkah berikutnya untuk seseorang yang harus menyelesaikan suatu jenis proyek lebih dari satu kali. Contoh; web desainer yang harus menyelesaikan 10-20 situs setiap tahun punya sistem, programer ya...
  • Strategi Diversifikasi Dalam SEO
Search Engine Optimization (SEO) adalah proses untuk mengarahkan trafik pengunjung dari mesin pencari ke sebuah website. Proses ini tidak mungkin dimengerti kalau belum paham bagaimana cara kerja mesin pencari. Secara khusus, sebelum belajar SEO, kita ...
  • Memahami Mesin Pencari (Search Engine)
Jadi bagaimana sesungguhnya cara kerja mesin pencari dalam konteks SEO (Search Engine Optimization)? Indeks Mesin Pencari Walaupun penting untuk memahami bagaimana cara mesin pencari 'membaca' sebuah situs web dan menyimpannya di dalam indeks, bagi k...
  • Komponen SERP: Search Engine Results Page
Search Engine Results Page (SERP) atau mungkin kalau di-Indonesiakan secara bebas sebagai halaman hasil pencarian adalah halaman yang anda lihat setelah anda mengetikkan kata kunci yang dicari pada berbagai mesin pencari (search engine). Halaman terseb...
  • Apa sih yang Google Mau?
Pada Februari 2007, Google digunakan oleh 48,1 persen pencari di seluruh Amerika Serikat - hampir dua kali Yahoo (28,1 persen) dan lebih dari empat kali pemakai MSN (sekarang Bing - 10,5 persen) - Sumber: comScore, Februari 2007 (http://www.comscore.co...
  • Apa sih yang Google Mau? - Bag.2
Melanjutkan artikel sebelumnya tentang apa yang Google mau. Kita bicara tentang relevansi, trust, dan authority. Bagian pertama sudah menjelaskan apa itu relevansi (relevance), dan bagaimana kita meningkatkan kualitas relevansi halaman web kita dengan ...
  • Bagaimana dengan Mesin Pencari Lain?
Artikel pertama untuk tahun yang baru. :) Pada artikel sebelumnya tentang faktor-faktor yang dinilai oleh Google, sudah dijelaskan 3 faktor apa saja yang menjadi ukuran 'kualitas' oleh Google. Pada tulisan kali ini saya akan merangkum apa yang menjadi ...
  • Faktor-faktor Penilaian Pada Mesin Pencari
Tidak semua faktor penilaian peringkat pada mesin pencari itu penting, beberapa ranking factor seperti PageRank (PR) hanya penting dalam kondisi-kondisi tertentu. Yang lainnya seperti META tags, fungsinya hanya untuk menyempurnakan detil dan tidak terl...
  • Google Sandbox - Indikator Kualitas Berbasis Waktu
Terlepas dari percaya bahwa 'Google Sandbox' ini eksis atau tidak, tetap harus diingat bahwa Google menetapkan kualitas (sebuah situs/website atau halaman web/webpage) menggunakan sejumlah indikator berbasis waktu.Indikator ini berhubungan dengan p...
  • Google Pagerank Masih Penting
Belakangan ini berkembang pandangan bahwa PageRank (PR) sudah tidak penting, tapi kalau saya amati pernyataan tersebut seringkali terlalu didramatisir dan mencerminkan persepsi terbatas (mungkin juga disebabkan frustasi karena periode pembaruan nilai P...
  • Faktor Pemeringkatan On-Page
Berikut ini adalah item-item on-page (elemen-elemen halaman web) yang mempengaruhi posisi halaman tersebut pada SERP. Tag Title Pada kode HTML anda akan melihat tag Title sebagai <title>, tag ini tampil pada bagian atas jendela peramban dan mun...
  • Faktor Pemeringkatan On-Page - Bag. 2
Pada artikel sebelumnya kita membahas 3 faktor pemeringkatan onpage dalam konteks SEO; Tag Title, Penggunaan Keyword, dan Struktur URL. Pada bagian ini kita lanjutkan tentang Tag Meta Description dan Duplicate Content. Tag Meta Description Tag Meta Des...
  • SEO: Faktor Penilaian Berdasarkan Situs
Selain faktor pemeringkatan on-page dan link based (link based ranking factors - akan dibahas dalam artikel selanjutnya), ada sejumlah faktor yang diperhitungkan untuk menilai domain (website) itu secara menyeluruh (bukan halaman secara individu - web ...
  • SEO: Faktor Penilaian Berdasarkan Tautan
Link based analysis membentuk inti algoritma penilaian oleh mesin pencari, bahkan site based factors yang dijelaskan sebelumnya memperhitungkan tautan/link pada satu atau beberapa bagian.Nah, saya tidak ingin terobsesi dengan urusan link, tapi teta...
  • SEO: Faktor Penilaian Berdasarkan Tautan Bag.2
Masih tentang faktor penilaian mesin pencari berdasarkan tautan (link-based ranking factors) menyambung artikel sebelumnya. Relevansi halaman yang menaut Relevansi halaman yang menaut dinilai berdasarkan:Konten dari halaman tersebut Link profile ha...
  • Membuat Rencana SEO
Sia-sia saja punya informasi tapi tidak punya pengetahuan dan keinginan untuk menggunakannya secara efektif. Anda sedang membaca salah satu artikel Panduan SEO, jadi saya anggap anda punya keinginan untuk memanfaatkan ilmu SEO.Setelah punya keingin...
  • SEO: Penentuan Tujuan
Upaya SEO tidak ada gunanya kalau anda tidak punya gambaran jelas tentang:tujuan situs yang di-SEO-kan siapa yang menjadi target pengunjungnya apa yang anda ingin mereka lakukan apa tujuan jangka panjang anda kemajuan yang dicapai dari wak...
  • Siapa Target Audien Anda?
Setelah anda memutuskan tujuan SEO-isasi, maka langkah selanjutnya adalah menentukan siapa target audien situs anda. Tidak masalah apakah situs  tersebut menjual sepatu atau hendak menggalang dana, anda harus menentukan siapa target pengunjungnya....
  • Apa Tujuan Situs (Website) Anda?
Pada artikel seri Panduan SEO kali ini akan dibahas tentang tujuan - atau tepatnya adalah kegunaan - dari situs anda. Untuk siapa? Pada gilirannya adalah untuk anda, tapi sebelum anda 'mendapat' giliran anda harus 'memberi' dulu. Jadi tujuan atau kegun...
  • Riset Kata Kunci (Keyword Research)
Riset keyword masih memegang peranan penting walaupun peta dan strategi SEO sudah banyak berubah (dari optimalisasi on-page menjadi link building dan sekarang ini social marketing). Sejak awal, Panduan SEO ini hanya membahas analisis topik dan bagaiman...
  • Alat Bantu Riset Kata Kunci
Ada beberapa alat bantu riset kata kunci (keyword research tools) baik gratis maupun berbayar yang tersedia di internet untuk membantu anda mengembangkan daftar kata kunci sekaligus memperoleh data pencarian tentang kata-kata kunci tersebut.Anda bi...
  • Keyword Research dengan Google
Google Adwords Keyword Tool Tool keyword research ini disediakan Google untuk membantu pengguna Google AdWords dalam mengestimasi volume pencarian kata kunci dan kompetisi iklan untuk kata kunci tersebut. Anda mendapat perspektif umum tentang kata ku...
  • Keyword Tools: WordTracker dan Keyword Discovery
WordTracker WordTracker menawarkan tools yang cukup lengkap untuk menghasilkan list kata kunci (keyword) dan juga unggul untuk membandingkan popularitas kata kunci vs kompetisi (jumlah halaman yang harus "dilewati" untuk sebuah keyword).Nilai popular...
  • (Bukan Cuma) Riset Keyword dengan Market Samurai
Alat bantu riset keyword (keyword research) favorit saya adalah Market Samurai (MS), sudah cukup lama saya menggunakan alat bantu yang satu ini. Hampir sejak pertama dirilis. Tujuan utama Market Samurai adalah upayanya dalam men-streamline-kan proses k...
  • SEO: Sudahkah Anda Lakukan Dengan Benar?
SEO bukan hal yang sulit tapi harus dilakukan secara benar dalam urutan yang benar juga. Salah satunya tidak benar maka upaya SEO akan sia-sia. 1. Keywords Keywords atau kata kunci yang anda pilih adalah fondasi aktivitas SEO anda selan...
  • 8 Cara Menampilkan Halaman Terpenting (Untuk SE)
Berikut ini cara-cara untuk menampilkan halaman web terbaik anda di search engine (SE) dan sekaligus menyembunyikan/menghilangkan halaman yang tidak diperlukan/diinginkan.Tergantung pada bagaimana struktur link situs anda, suatu halaman biasanya me...
  • 4 Alasan Kenapa Google Mengabaikan Anchor Text Pada Tautan (Link)
Anchor text, atau teks yang terdapat pada tautan yang mengarah ke website anda memiliki efek besar terhadap posisi situs anda di halaman hasil pencarian (SERP) Google.Misalkan banyak situs lain yang menggunakan anchor text "buy blue band" untuk menau...
  • Evaluasi Kata Kunci
Setelah anda memiliki daftar kata kunci yang terkait dengan niche dan kebiasaan pencarian audien, langkah selanjutnya adalah menemukan kata kunci mana saja yang paling bernilai dari daftar tersebut.Tidak ada cara yang benar-benar pasti untuk mengev...
  • Evaluasi Kata Kunci (2) - Memperkirakan Demand dan Relevansi
Kita lanjutkan topik belajar SEO kali ini, masih tentang evaluasi kata kunci. Kalau sebelumnya kita mengevaluasi kata kunci berdasarkan persaingan/kompetisi, maka kali ini kita mengevaluasi nilai sebuah kata kunci berdasarkan permintaan dan relevansiny.
Copyright © Kegiatan Wirausaha. All rights reserved.