Search This Blog

Sejarah Potocopy dan Percetakan Mungka Jaya

Mungka Jaya adalah sebuah unit usaha Sosial yang bergerak dibidang Desain GrafisPhotocopy dan Percetakan. Kenapa dibilang Unit Usaha Sosial?? Karena Usaha ini berdiri atas modal yang berasal dari Pinjaman para Anggota Arisan IPKM yang sudah berjalan dari tahun 2000 hingga sekarang yang tidak mengharapkan laba/keuntungan dari Photocopy dan Percetakan Mungka Jaya. Yang Penting Uang Yang dipinjamkan bisa kembali kalau unit usaha Mungka Jaya sudah mampu untuk mengembalikannya. Lalu untuk apa keuntungan usaha? Adapun keuntungan usaha ini akan digunakan sebagiannya untuk kegiatan sosial, keagamaan, membantu orang kampung yang perlu dibantu dan sebagian lagi akan digunakan untuk pengembangan usaha selanjutnya.

Mungka Jaya Mulai Beroperasi pada bulan Februari tahun 2006 dengan modal awal Rp. 96.000.000,- sedangkan Pinjaman yang didapat dari para anggota Arisan hanya sebesar Rp. 63.000.000,-. Untuk menutupi kekurangan modal tersebut Para Petinggi IPKM menawarkan kepada Anggota untuk mau Investasi manambah kekurangan modal tersebut yang mana investasi mereka akan dimasukan dalam kategori penanam saham yang akan mendapatkan keuntungan dari laba usaha. Maka ditemukanlah 2 orang Investor yang berasal dari kalangan Anggota IPKM yang Pertama yaitu Bapak H. Darmus dengan memasukan modal Sebesar Rp. 20.000.000,- dan Kedua adalah Bapak Sofinal dengan memasukan modal sebesar Rp. 15.000.000,-. Dari Jumlah Tersebut dapat di bagi menjadi
IPKM sebagai Pemilik Utama mempunyai Hak 63%
Bapak H. Darmus Mempunyai Hak 21%
Bapak Sofinal Mempunyai Hak 16%
Untuk mengelola usaha Pengurus IPKM menyerahkan kepada Bapak H. Darmus dan Bapak Sofinal karena beliau merupakan pensiunan dari PT. Garuda Indonesia dan sudah tidak punya kegiatan lagi, atas pertimbangan tersebut pengurus menyerahkan pengelolaan kepada mereka berdua. 
Selama dua tahun berjalan Unit Usaha Mungka Jaya belum menunjukan perkembangan yang berarti, sehingga belum bisa untuk mengembalikan dana yang di pinjamkan oleh para anggota arisan IPKM yang berjumlah Rp. 63.000.000,-
Pada Tahun 2007 Bapak H. Darmus selaku pengelola Mungka Jaya berpulang ke Rahmatullah, Sudah tentu Kepemimpinan Unit Usaha kosong dan Sementara waktu di pegang oleh Bapak Sofinal. Selama dua tahun sudah berjalan Unit Usaha belum juga membuahkan hasil maka dengan kesepakatan bersama para anggota lainya diputuskan dengan sistem setoran maka ditawarkan setoran sejumlah Rp. 7.700.000,- Pertama sistem tersebut ditawarkan kepada Bapak Sofinal, Namun bapak Sofinal tidak sanggup, kemudian Ditawarkan Kepada Fauzi selaku Kepala Operasional Komputer dan Percetakan dan Fauzi menyanggupinya. Maka diputuskan kesepakatan Bahwa Unit Usaha Mungka Jaya akan dikelola oleh Fauzi dengan sistem setoran. Fauzi akan membayar kepada IPKM setiap bulannya sebesar Rp. 7.700.000,- bersih. Untung tidak untung maka Fauzi tetap setoran sebesar angka tersebut.
Alhamdulillah dengan I'tikad baik dan dengan keiklasan,  Fauzi dapat menunaikan kewajibannya walaupun mungkin tidak tepat waktu tapi dia bisa melaksanakannya. Syukur kepada Allah pada tahun 2010 pertengahan Pengurus sudah dapat melunasi hutang kepada Anggota Arisan dan Sekarang pada tahun 2011 ini IPKM sudah bisa menikmati hasil usaha dari Unit Usaha Mungka Jaya. Untuk selanjutnya IPKM akan menambah unit usaha lainnya. Kita doakan saja.

Dari Keuntungan usaha tersebut pengurus sudah menyalurkan sebagiannya untuk keperluan sosial Seperti Pemberian Kambing kepada warga yang kurang mampu di kampung dan mencukupi sumbangan untuk kematian jika ada warga yang berhubungan dengan IPKM meninggal atau sakit yang begitu lama yang butuh perawatan. 

"Copy Center" Jl. Balai Pustaka Baru No. 7 G 













Bahan Baku Kertas


















Suasana di Depan Mungka Jaya

No comments: